• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Perhatian Siswa terhadap Kurangnya Perhatian Siswa terhadap Materi Pelajaran

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Asrif

Tanggal Penelitian : 06-01-2008

Abstrak :

Masalah Penelitian ini adalah apakah faktor eksternal seperti gaya mengajar guru, metode mengajar, penggunaan alat peraga, penguasaan materi oleh guru, dan urutan penyampaian materi, dapat menjadi penyebab kurangnya perhatian siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung pada SMA Negeri 3 Baubau? Selain itu, akan dikemukakan pula faktor penyebab yang paling dominan yang memengaruhi perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia.

            Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3  Baubau yang berjumlah 900 orang. Penetepan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.

            Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik presentase.

            Berdasarkan hasil analisis presentase, maka faktor-faktor penyebab kurangnya  perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMA Negeri 3 Baubau dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru bahasa Indonesia menguasai materi pelajaran dengan baik; 2) guru bahasa Indonesia telah menerapkan gaya mengajar secara baik; 3) urutan penyajian materi berada pada kategori cukup; 4)metode mengajar yang diterapkan guru berada pada kategori cukup; dan 5) alat peraga yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pelajaran.

            Faktor penyebab yang cukup dominan memengaruhi kurangnya perhatian siswa adalah penggunaan alat peraga yang kurang sesuai dengan materi pelajaran.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Siswa
    Majalah Siswa diterbitkan pertama kali pada bulan Januari 1970 oleh penerbit Majelis Luhur Taman Siswa, Jalan Taman Siswa No. 6, Yogyakarta dengan moto majalah untuk Tunas Bangsa Indonesia. Staf ...
  • Perilaku Tindak Tutur Meminta Bantuan pada Siswa Sekolah Dasar Kota Sawahlunto
    Peneliti : Elsa Putri Ermisah Syafril Tanggal Penelitian : 06-06-2007 Abstrak :-
  • Pemahaman dan Penguasaan Siswa Kelas III SLTP se-Kota Palu Terhadap Kaidah Kalimat Bahasa indonesia
    Peneliti : Tamrin Tanggal Penelitian : Abstrak :Mata pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa resmi negara bahasa pendidikan, dan juga bahasa sehari-hari masih juga ...
  • Bahasa Indonesia pada Karya Tulis Siswa SMA Parisada Perhotelan Amlapura, Bali
    Peneliti : Dra. Ni Luh Partimi, M.Hum Tanggal Penelitian : 01-03-2006 Abstrak :Penelitian ini membahas pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan sumber data karya tulis siswa kelas 3 SMA ...
  • Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD di Kabupaten Tulungagung
    Peneliti : M. Luthfi Baihaqi Tanggal Penelitian : 01-01-2007 Abstrak :Penelitian ini bertujuan memaparkan  kemampuan pemilihan diksi,  kemampuan pengembangan paragraph, dan kemampuan ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Perhatian Siswa terhadap Kurangnya Perhatian Siswa terhadap Materi Pelajaran

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Asrif

    Tanggal Penelitian : 06-01-2008

    Abstrak :

    Masalah Penelitian ini adalah apakah faktor eksternal seperti gaya mengajar guru, metode mengajar, penggunaan alat peraga, penguasaan materi oleh guru, dan urutan penyampaian materi, dapat menjadi penyebab kurangnya perhatian siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung pada SMA Negeri 3 Baubau? Selain itu, akan dikemukakan pula faktor penyebab yang paling dominan yang memengaruhi perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia.

                Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3  Baubau yang berjumlah 900 orang. Penetepan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.

                Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik presentase.

                Berdasarkan hasil analisis presentase, maka faktor-faktor penyebab kurangnya  perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMA Negeri 3 Baubau dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru bahasa Indonesia menguasai materi pelajaran dengan baik; 2) guru bahasa Indonesia telah menerapkan gaya mengajar secara baik; 3) urutan penyajian materi berada pada kategori cukup; 4)metode mengajar yang diterapkan guru berada pada kategori cukup; dan 5) alat peraga yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pelajaran.

                Faktor penyebab yang cukup dominan memengaruhi kurangnya perhatian siswa adalah penggunaan alat peraga yang kurang sesuai dengan materi pelajaran.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Siswa
    Majalah Siswa diterbitkan pertama kali pada bulan Januari 1970 oleh penerbit Majelis Luhur Taman Siswa, Jalan Taman Siswa No. 6, Yogyakarta dengan moto majalah untuk Tunas Bangsa Indonesia. Staf ...
  • Perilaku Tindak Tutur Meminta Bantuan pada Siswa Sekolah Dasar Kota Sawahlunto
    Peneliti : Elsa Putri Ermisah Syafril Tanggal Penelitian : 06-06-2007 Abstrak :-
  • Pemahaman dan Penguasaan Siswa Kelas III SLTP se-Kota Palu Terhadap Kaidah Kalimat Bahasa indonesia
    Peneliti : Tamrin Tanggal Penelitian : Abstrak :Mata pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa resmi negara bahasa pendidikan, dan juga bahasa sehari-hari masih juga ...
  • Bahasa Indonesia pada Karya Tulis Siswa SMA Parisada Perhotelan Amlapura, Bali
    Peneliti : Dra. Ni Luh Partimi, M.Hum Tanggal Penelitian : 01-03-2006 Abstrak :Penelitian ini membahas pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan sumber data karya tulis siswa kelas 3 SMA ...
  • Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD di Kabupaten Tulungagung
    Peneliti : M. Luthfi Baihaqi Tanggal Penelitian : 01-01-2007 Abstrak :Penelitian ini bertujuan memaparkan  kemampuan pemilihan diksi,  kemampuan pengembangan paragraph, dan kemampuan ...
  • Siswa
    Majalah Siswa diterbitkan pertama kali pada bulan Januari 1970 oleh penerbit Majelis Luhur Taman Siswa, Jalan Taman Siswa No. 6, Yogyakarta dengan moto majalah untuk Tunas Bangsa Indonesia. Staf ...
  • Perilaku Tindak Tutur Meminta Bantuan pada Siswa Sekolah Dasar Kota Sawahlunto
    Peneliti : Elsa Putri Ermisah Syafril Tanggal Penelitian : 06-06-2007 Abstrak :-
  • Pemahaman dan Penguasaan Siswa Kelas III SLTP se-Kota Palu Terhadap Kaidah Kalimat Bahasa indonesia
    Peneliti : Tamrin Tanggal Penelitian : Abstrak :Mata pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa resmi negara bahasa pendidikan, dan juga bahasa sehari-hari masih juga ...
  • Bahasa Indonesia pada Karya Tulis Siswa SMA Parisada Perhotelan Amlapura, Bali
    Peneliti : Dra. Ni Luh Partimi, M.Hum Tanggal Penelitian : 01-03-2006 Abstrak :Penelitian ini membahas pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan sumber data karya tulis siswa kelas 3 SMA ...
  • Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD di Kabupaten Tulungagung
    Peneliti : M. Luthfi Baihaqi Tanggal Penelitian : 01-01-2007 Abstrak :Penelitian ini bertujuan memaparkan  kemampuan pemilihan diksi,  kemampuan pengembangan paragraph, dan kemampuan ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa