Peneliti : Asrif
Tanggal Penelitian : 06-01-2008
Abstrak :
Masalah Penelitian ini adalah apakah faktor eksternal seperti gaya mengajar guru, metode mengajar, penggunaan alat peraga, penguasaan materi oleh guru, dan urutan penyampaian materi, dapat menjadi penyebab kurangnya perhatian siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung pada SMA Negeri 3 Baubau? Selain itu, akan dikemukakan pula faktor penyebab yang paling dominan yang memengaruhi perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Baubau yang berjumlah 900 orang. Penetepan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.
Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik presentase.
Berdasarkan hasil analisis presentase, maka faktor-faktor penyebab kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMA Negeri 3 Baubau dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru bahasa Indonesia menguasai materi pelajaran dengan baik; 2) guru bahasa Indonesia telah menerapkan gaya mengajar secara baik; 3) urutan penyajian materi berada pada kategori cukup; 4)metode mengajar yang diterapkan guru berada pada kategori cukup; dan 5) alat peraga yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pelajaran.
Faktor penyebab yang cukup dominan memengaruhi kurangnya perhatian siswa adalah penggunaan alat peraga yang kurang sesuai dengan materi pelajaran.