• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Pemahaman dan Penguasaan Siswa Kelas III SLTP se-Kota Palu Terhadap Kaidah Kalimat Bahasa indonesia

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Tamrin

Tanggal Penelitian :

Abstrak :

Mata pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa resmi negara bahasa pendidikan, dan juga bahasa sehari-hari masih juga mengalami kendala. tidak sedikit siswa yang tidak lulus karena mata pelajaran bahasa Indonesianya tidak memenuhi standar untuk diluluskan, dengan mulihat kenyataan tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar masih merupakan masalah baik ditinjau dari sisi bentuk kesalahan atau kekeliruan penggunaan kaidah sosial bahasa Indonesia. Masalah yang akan diungkap dan dijelaskan dalam penelitian ini adalah sejauh mana siswa kelas III SLTP se-Kota Palu memahami dan menguasai kaidah pengalimatan bahasa Indonesia, bagaimanakah pemakaian pola-pola kalimat bahasa Indonesia oleh siswa kelas III SLTP se-kota Palu ?, dan adakah pola kalimat yang digunakan tersebut bervariasi ?. Meode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu data dilapangan dikumpulkan, disusun, dijelaskan, dan dianalisis. Kesimpulan dari hasil analisis data adalah secara kuantitatif dan kualitatif, pemahaman dan penguasaan siswa SLTP se-Kota Palu   terhadap pola dasar kalimat dapat dikatakan sudah memadai dan menguasai dengan baik, begitu pula dengan penguasaan terhadap pola kalimat SPK, pada pemahaman pola kalimat SPOPel masih dianggap rendah.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Palu e
    Provinsi Nusa Tenggara Timur Bahasa Palu’e dituturkan di Desa Nitunglea dan Desa Maluriwu, Kecamatan Palu’e Kabupaten Sikka, Pulau Palu’e, Provinsi NTT. Menurut pengakuan penduduk, ...
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Pemahaman dan Penguasaan Siswa Kelas III SLTP se-Kota Palu Terhadap Kaidah Kalimat Bahasa indonesia

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Tamrin

    Tanggal Penelitian :

    Abstrak :

    Mata pelajaran bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa resmi negara bahasa pendidikan, dan juga bahasa sehari-hari masih juga mengalami kendala. tidak sedikit siswa yang tidak lulus karena mata pelajaran bahasa Indonesianya tidak memenuhi standar untuk diluluskan, dengan mulihat kenyataan tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar masih merupakan masalah baik ditinjau dari sisi bentuk kesalahan atau kekeliruan penggunaan kaidah sosial bahasa Indonesia. Masalah yang akan diungkap dan dijelaskan dalam penelitian ini adalah sejauh mana siswa kelas III SLTP se-Kota Palu memahami dan menguasai kaidah pengalimatan bahasa Indonesia, bagaimanakah pemakaian pola-pola kalimat bahasa Indonesia oleh siswa kelas III SLTP se-kota Palu ?, dan adakah pola kalimat yang digunakan tersebut bervariasi ?. Meode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu data dilapangan dikumpulkan, disusun, dijelaskan, dan dianalisis. Kesimpulan dari hasil analisis data adalah secara kuantitatif dan kualitatif, pemahaman dan penguasaan siswa SLTP se-Kota Palu   terhadap pola dasar kalimat dapat dikatakan sudah memadai dan menguasai dengan baik, begitu pula dengan penguasaan terhadap pola kalimat SPK, pada pemahaman pola kalimat SPOPel masih dianggap rendah.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Palu e
    Provinsi Nusa Tenggara Timur Bahasa Palu’e dituturkan di Desa Nitunglea dan Desa Maluriwu, Kecamatan Palu’e Kabupaten Sikka, Pulau Palu’e, Provinsi NTT. Menurut pengakuan penduduk, ...
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Palu e
    Provinsi Nusa Tenggara Timur Bahasa Palu’e dituturkan di Desa Nitunglea dan Desa Maluriwu, Kecamatan Palu’e Kabupaten Sikka, Pulau Palu’e, Provinsi NTT. Menurut pengakuan penduduk, ...
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa