Peneliti : Dra. Ni Luh Partimi, M.Hum
Tanggal Penelitian : 01-03-2006
Abstrak :Penelitian ini membahas pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan sumber data karya tulis siswa kelas 3 SMA Parisada Perhotelan Amlapura, Bali. Karya tulis ini menyajikan dua topik, yaitu (1) narkoba merusak masa depan genarasi muda bangsa dan (2) masa depanku ada di tanganku. Dari dua topik itu, siswa lebih banyak memilih topik yang pertama. Di luar pemakaian bahasa, tampaknya ada sejumlah siswa yang belum memahami narkoba. Ada siswa yang menulis narkoba sejenis minuman (keras) dan ada pula siswa yang menyebut narkoba sebagai obat pada umumnya. Sehubungan dengan itu, pihak yang berwenang diharapkan terus menyosialisasikan narkoba kepada siswa agar tidak terjadi kesalahan pemahaman siswa terhadap narkoba.
Berkaitan dengan masalah kebahasaan, karya tulis siswa yang dijadikan sumber data masih banyak yang belum memadai dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari tiga aspek kebahasaan yang diteliti (ejaan, pilihan kata, dan kalimat), penyusunan kalimat yang harus lebih banyak dibenahi. Karya tulis siswa kebanyakan menyajikan kalimat yang tidak baku dan rancu. Kerancuan kalimat terlihat pada ketidaktepatan pemakaian penghubung, baik antarkalimat maupun intrakalimat, unsur-unsur kalimat yang tidak lengkap, dan ungkapan padu.
Sementara itu, dari segi pilihan kata, masih banyak ditemukan ketidakcermatan siswa dalam (1) pengimbuhan (pengafiksan), misalnya mengkonsumsi, menyontek, dan mensosialisasikan, (2) pemakaian verba yang tidak berimbuhan, misalnya punya, nganggur, jaga, dan tahu, (3) pemakaian kata mubazir, misalnya dari sejak, seperti misalnya, para guru-guru, zaman era, dan demi untuk, dan (4) pemakaian kata depan di dan pada (di zaman, di hari).
Dalam bidang ejaan kesalahan yang ditemukan, antara lain, berupa kekurangcermatan (1) pemakaian huruf kapital dan huruf miring, (2) pemenggalan kata, (3) penulisan kata (kata baku, serapan, kata depan di dan ke, awalan di dan ke), dan (4) pemakaian tanda baca.
Selain menganalisis kesalahan pemakaian bahasa Indonesia, penelitian ini juga menggambarkan pemakaian bahasa Indonesia pada karya tulis siswa. Gambaran yang diperoleh berupa pemakaian kalimat tunggal, kalimat urutan, dan kalimat majemuk. Dari ketiga jenis kalimat itu, kalimat majemuk yang lebih banyak dipakai siswa dalam karya tulisnya.