• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Pengajaran Sastra di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri

Kategori: Penelitian Sastra

 

Peneliti : Naila Nilofar

Tanggal Penelitian : 01-01-2007

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan pengajaran sastra di SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri berdasarkan kurikulum 2004 yang meliputi perencanaan, metode, media, evaluasi, ketersediaan karya sastra, dan profil pengajar. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia serta siswa SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Penelitian ini memaparkan bahwa perencanaan pelaksanaan pengajaran sastra berpedoman pada perangkat pengajaran yang dibuat oleh MGMP tingkat kabupaten. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, membaca, mendengarkan, mengarang, dan bermain peran. Materi bersumber pada buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS), sangat jarang menggunakan media elektronik. Evaluasi pembelajaran sastra masih menjadi satu dengan evaluasi bahasa. Model evaluasi yang digunakan cenderung ke aspek kognitif.  Karya sastra di sekolah sangat kurang sehingga memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran sastra. Semua pengajar berlatar pendidikan bahasa Indonesia sehingga memengaruhi strategi pengajarannya.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi, pengetahuan guru tentang teori dan apresiasi sastra, penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan motivasi dan kreativitas siswa, dan evaluasi yang mengarah pada apresiasi siswa perlu ditingkatkan.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tifa Sastra
    Tifa Satra adalah majalah yang memuat banyak karya sastra. Majalah ini diterbitkan pertama kali bulan Maret 1972 oleh Penerbit Biro Majalah Senat Mahasiswa FSUI dengan alamat Gang Kembang III, ...
  • Hadiah Sastra LBSS
    Hadiah Sastra LBSS adalah hadiah sastra tahunan yang diberikan oleh Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS) kepada sastrawan Sunda. Hadiah ini diberikan sejak tahun 1957. Akan tetapi, setelah tujuh ...
  • Hadiah Sastra Majalah Horison
    Hadiah Horison pertama kali diberikan pada tahun 1969 untuk karya-karya sastra terbaik yang telah dimuat dalam Horison tahun 1966, 1967, dan 1968. Hadiah itu berupa uang sebesar Rp5.000,00. Di ...
  • Hadiah Sastra Rancage
    Hadiah Sastra Rancage merupakan hadiah sastra yang diberikan Ajip Rosidi kepada sastrawan Sunda, Jawa, Bali, dan orang yang dianggap berjasa dalam mengembangkan sastra daerah. Ajip ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Pengajaran Sastra di SMP Negeri 2 Kunjang Kediri

    Kategori: Penelitian Sastra

     

    Peneliti : Naila Nilofar

    Tanggal Penelitian : 01-01-2007

    Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan pengajaran sastra di SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri berdasarkan kurikulum 2004 yang meliputi perencanaan, metode, media, evaluasi, ketersediaan karya sastra, dan profil pengajar. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia serta siswa SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

    Penelitian ini memaparkan bahwa perencanaan pelaksanaan pengajaran sastra berpedoman pada perangkat pengajaran yang dibuat oleh MGMP tingkat kabupaten. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, membaca, mendengarkan, mengarang, dan bermain peran. Materi bersumber pada buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS), sangat jarang menggunakan media elektronik. Evaluasi pembelajaran sastra masih menjadi satu dengan evaluasi bahasa. Model evaluasi yang digunakan cenderung ke aspek kognitif.  Karya sastra di sekolah sangat kurang sehingga memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran sastra. Semua pengajar berlatar pendidikan bahasa Indonesia sehingga memengaruhi strategi pengajarannya.

    Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi, pengetahuan guru tentang teori dan apresiasi sastra, penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan motivasi dan kreativitas siswa, dan evaluasi yang mengarah pada apresiasi siswa perlu ditingkatkan.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tifa Sastra
    Tifa Satra adalah majalah yang memuat banyak karya sastra. Majalah ini diterbitkan pertama kali bulan Maret 1972 oleh Penerbit Biro Majalah Senat Mahasiswa FSUI dengan alamat Gang Kembang III, ...
  • Hadiah Sastra LBSS
    Hadiah Sastra LBSS adalah hadiah sastra tahunan yang diberikan oleh Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS) kepada sastrawan Sunda. Hadiah ini diberikan sejak tahun 1957. Akan tetapi, setelah tujuh ...
  • Hadiah Sastra Majalah Horison
    Hadiah Horison pertama kali diberikan pada tahun 1969 untuk karya-karya sastra terbaik yang telah dimuat dalam Horison tahun 1966, 1967, dan 1968. Hadiah itu berupa uang sebesar Rp5.000,00. Di ...
  • Hadiah Sastra Rancage
    Hadiah Sastra Rancage merupakan hadiah sastra yang diberikan Ajip Rosidi kepada sastrawan Sunda, Jawa, Bali, dan orang yang dianggap berjasa dalam mengembangkan sastra daerah. Ajip ...
  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tifa Sastra
    Tifa Satra adalah majalah yang memuat banyak karya sastra. Majalah ini diterbitkan pertama kali bulan Maret 1972 oleh Penerbit Biro Majalah Senat Mahasiswa FSUI dengan alamat Gang Kembang III, ...
  • Hadiah Sastra LBSS
    Hadiah Sastra LBSS adalah hadiah sastra tahunan yang diberikan oleh Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS) kepada sastrawan Sunda. Hadiah ini diberikan sejak tahun 1957. Akan tetapi, setelah tujuh ...
  • Hadiah Sastra Majalah Horison
    Hadiah Horison pertama kali diberikan pada tahun 1969 untuk karya-karya sastra terbaik yang telah dimuat dalam Horison tahun 1966, 1967, dan 1968. Hadiah itu berupa uang sebesar Rp5.000,00. Di ...
  • Hadiah Sastra Rancage
    Hadiah Sastra Rancage merupakan hadiah sastra yang diberikan Ajip Rosidi kepada sastrawan Sunda, Jawa, Bali, dan orang yang dianggap berjasa dalam mengembangkan sastra daerah. Ajip ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa