• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Sistem Informasi Monitoring Kedaulatan Bahasa

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Fungsi Bahasa dalam Iklan: Suatu Kajian Semantik—Semiotik

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Luh Anik Mayani

Tanggal Penelitian : 01-01-2002

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan  (1) mengidentifikasi fungsi bahasa dalam iklan HP di harian Jawa Pos dalam kurun waktu tertentu, (2) mengidentifikasi makna-makna yang terkandung dalam iklan, (3) menunjukan hubungan antara penanda dan petanda dalam mewujudkan makna, dan (4) mengidentifikasi ideologi-ideologi tertentu yang ingin disampaikan dalam iklan. Teori yang digunakan adalah teori semantik—semiotik. Sumber data penelitian ini adalah iklan HP Nokia dalam harian umum Jawa Pos yang diterbitkan selama bulan Juli 2002. Datanya berupa data tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, gambaran umum iklan meliputi tiga tahap (1) tahap kognitif untuk mengungkap tujuan iklan, yaitu memberikan informasi kepada komunikan agar komunikan menyadari kehadiran suatu produk dan memiliki pengetahuan tentang produk tersebut; (2) tahap afektif, yaitu komunikan mengubah sikapnya terhadap produk tersebut jadi menyukai, dan (3) tahap konatif, yaitu iklan mampu menyakinkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Kedua, deskripsi struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro iklan HP dalam harian Jawa Pos, yang meliputi (1) iklan HP Nokia “Bareng Nonton Gratis di 21 Bersama Nokia 3315”, “Memasuki Dunia  Imajinasi dengan Nokia 3510”, “ Nikmati Kejutan  yang Penuh Kesan!,  “ TAMPIL Semakin Oke Semakin Percaya DIRI”,  “ Ekspresi Diri Anda Makin Sportif”, “ Nokia 5210, Kesenangan, Kapan Saja, Dimana Saja”, “Kehadirannya Membantu Membuka Hari-harimu!”, dan “Hadiah Istimewa dari Nokia”. Ketiga, penggunaan leksikon bermakna denotatif (makna yang sebenarnya), maknanya adalah makna konseptual. Fungsi bahasa yang terkandung adalah fungsi referensial, konatif, dan metalinguistik.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Medan Bahasa
    Medan Bahasa merupakan sebuah majalah yang khusus mengkaji masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah. Majalah ini terbit di Jakarta tahun 1951/1952—1958, dengan alamat ...
  •  
    © 2025    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Fungsi Bahasa dalam Iklan: Suatu Kajian Semantik—Semiotik

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Luh Anik Mayani

    Tanggal Penelitian : 01-01-2002

    Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan  (1) mengidentifikasi fungsi bahasa dalam iklan HP di harian Jawa Pos dalam kurun waktu tertentu, (2) mengidentifikasi makna-makna yang terkandung dalam iklan, (3) menunjukan hubungan antara penanda dan petanda dalam mewujudkan makna, dan (4) mengidentifikasi ideologi-ideologi tertentu yang ingin disampaikan dalam iklan. Teori yang digunakan adalah teori semantik—semiotik. Sumber data penelitian ini adalah iklan HP Nokia dalam harian umum Jawa Pos yang diterbitkan selama bulan Juli 2002. Datanya berupa data tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat.

    Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, gambaran umum iklan meliputi tiga tahap (1) tahap kognitif untuk mengungkap tujuan iklan, yaitu memberikan informasi kepada komunikan agar komunikan menyadari kehadiran suatu produk dan memiliki pengetahuan tentang produk tersebut; (2) tahap afektif, yaitu komunikan mengubah sikapnya terhadap produk tersebut jadi menyukai, dan (3) tahap konatif, yaitu iklan mampu menyakinkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Kedua, deskripsi struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro iklan HP dalam harian Jawa Pos, yang meliputi (1) iklan HP Nokia “Bareng Nonton Gratis di 21 Bersama Nokia 3315”, “Memasuki Dunia  Imajinasi dengan Nokia 3510”, “ Nikmati Kejutan  yang Penuh Kesan!,  “ TAMPIL Semakin Oke Semakin Percaya DIRI”,  “ Ekspresi Diri Anda Makin Sportif”, “ Nokia 5210, Kesenangan, Kapan Saja, Dimana Saja”, “Kehadirannya Membantu Membuka Hari-harimu!”, dan “Hadiah Istimewa dari Nokia”. Ketiga, penggunaan leksikon bermakna denotatif (makna yang sebenarnya), maknanya adalah makna konseptual. Fungsi bahasa yang terkandung adalah fungsi referensial, konatif, dan metalinguistik.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Medan Bahasa
    Medan Bahasa merupakan sebuah majalah yang khusus mengkaji masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah. Majalah ini terbit di Jakarta tahun 1951/1952—1958, dengan alamat ...
  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Medan Bahasa
    Medan Bahasa merupakan sebuah majalah yang khusus mengkaji masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah. Majalah ini terbit di Jakarta tahun 1951/1952—1958, dengan alamat ...
  •  
     
     
    © 2025    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa