Peneliti : Naila Nilofar
Tanggal Penelitian : 01-01-2007
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan pengajaran sastra di SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri berdasarkan kurikulum 2004 yang meliputi perencanaan, metode, media, evaluasi, ketersediaan karya sastra, dan profil pengajar. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa dan sastra Indonesia serta siswa SMP Negeri 2 Kunjang, Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memaparkan bahwa perencanaan pelaksanaan pengajaran sastra berpedoman pada perangkat pengajaran yang dibuat oleh MGMP tingkat kabupaten. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, membaca, mendengarkan, mengarang, dan bermain peran. Materi bersumber pada buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS), sangat jarang menggunakan media elektronik. Evaluasi pembelajaran sastra masih menjadi satu dengan evaluasi bahasa. Model evaluasi yang digunakan cenderung ke aspek kognitif. Karya sastra di sekolah sangat kurang sehingga memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran sastra. Semua pengajar berlatar pendidikan bahasa Indonesia sehingga memengaruhi strategi pengajarannya.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi, pengetahuan guru tentang teori dan apresiasi sastra, penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan motivasi dan kreativitas siswa, dan evaluasi yang mengarah pada apresiasi siswa perlu ditingkatkan.