Peneliti : Luh Anik Mayani
Tanggal Penelitian : 01-01-2002
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi fungsi bahasa dalam iklan HP di harian Jawa Pos dalam kurun waktu tertentu, (2) mengidentifikasi makna-makna yang terkandung dalam iklan, (3) menunjukan hubungan antara penanda dan petanda dalam mewujudkan makna, dan (4) mengidentifikasi ideologi-ideologi tertentu yang ingin disampaikan dalam iklan. Teori yang digunakan adalah teori semantik—semiotik. Sumber data penelitian ini adalah iklan HP Nokia dalam harian umum Jawa Pos yang diterbitkan selama bulan Juli 2002. Datanya berupa data tulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, gambaran umum iklan meliputi tiga tahap (1) tahap kognitif untuk mengungkap tujuan iklan, yaitu memberikan informasi kepada komunikan agar komunikan menyadari kehadiran suatu produk dan memiliki pengetahuan tentang produk tersebut; (2) tahap afektif, yaitu komunikan mengubah sikapnya terhadap produk tersebut jadi menyukai, dan (3) tahap konatif, yaitu iklan mampu menyakinkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Kedua, deskripsi struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro iklan HP dalam harian Jawa Pos, yang meliputi (1) iklan HP Nokia “Bareng Nonton Gratis di 21 Bersama Nokia 3315”, “Memasuki Dunia Imajinasi dengan Nokia 3510”, “ Nikmati Kejutan yang Penuh Kesan!, “ TAMPIL Semakin Oke Semakin Percaya DIRI”, “ Ekspresi Diri Anda Makin Sportif”, “ Nokia 5210, Kesenangan, Kapan Saja, Dimana Saja”, “Kehadirannya Membantu Membuka Hari-harimu!”, dan “Hadiah Istimewa dari Nokia”. Ketiga, penggunaan leksikon bermakna denotatif (makna yang sebenarnya), maknanya adalah makna konseptual. Fungsi bahasa yang terkandung adalah fungsi referensial, konatif, dan metalinguistik.