Peneliti : Muhammad Shubhi Siti Djuwairijah Zamzam Hariro Ni Made Yudiastini
Tanggal Penelitian : 01-03-2017
Dipublikasikan : TIDAK SAAT INI
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia pendidik di Kabupaten Sumbawa. Kemahiran tersebut akan dilihat dari salah satu dari empat kemahiran berbahasa, yaitu menulis. Sampel dari kajian ini adalah guru bahasa Indonesia yang sudah mengikuti tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan tes Uji Kompetensi Guru (UKG). Sampel yang diambil sebanyak dua orang dari sekolah yang berbeda. Dari masing-masing guru tersebut diambil juga 25 orang siswa yang menjadi peserta didiknya. Wujud data yang digunakan berupa hasil tes UKBI khusus pada tes menulis dan naskah karya tulis 25 siswa dari masing-masing guru tersebut. Poin penilaian dari naskah yang ada adalah pada isi, organisasi, kohesi, diksi dan kosakata, tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Penilain dari masing-masing poin diberi skor 0—4. Skor dari penilaian tersebut dihitung rata-rata dan persentasenya. Prestasi dari hasil karya tulis tersebut dirumuskan menjadi empat tingkatan, yaitu tidak lulus, lulus, memuaskan, dan istimewa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kemampuan berbahasa Indonesia guru yang ada di Kabupaten Sumbawa berada pada tingkat memuaskan dan istimewa. Tingkat kemampuan tersebut berdampak kepada peserta didiknya. Dengan kata lain, kemampuan berbahasa Indonesia pendidik berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa Indonesia dari peserta didik.
Kata kunci: pemakaian bahasa, pendidik, peserta didik