Peneliti : Sahril, S.S., dkk
Tanggal Penelitian : 10-01-2011
Dipublikasikan : TERBIT
Abstrak :
ABSTRAK
Pemerintah menggunakan Ujian Nasional sebagai salah satu tolak ukur untuk mengidentifikasi ketercapaian standar pendidikan nasional. Namun sampai saat ini penelitian mengenai Ujian Nasional sebagai metode pengukuran ketercapaian standar pendidikan nasional belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini menjadi sangat penting dan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan siswa SMA Kota Medan dalam menjawab soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia; (2) mengetahui korelasi materi soal Ujian Nasional dengan Materi yang diajarkan oleh guru bahasa Indonesia; dan (3) mengetahui pengaruh langsung antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru.
Ujian Nasional bahasa Indonesia dengan standar kurikulum nasional.Salah satu isu penting dalam penyelenggaraan pendidikan di negara kita saat ini adalah peningkatan mutu pendidikan. Realitas yang ada telah terjadi kemerosotan mutu pendidikan baik di tingkat dasar, menengah maupun tingkat pendidikan tinggi. Hal ini berlangsung akibat penyelenggraan pendidikan yang lebih menitikberatkan pada aspek kuantitas dari pada aspek kualitasnya. Mutu pendidikan tidaklah ditentukan oleh faktor tunggal, ada sejumlah variabel yang dianggap sering berhubungan atau mempengaruhi.
Ujian Nasional merupakan salah satu persyaratan bagi siswa untuk menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan satuan pendidikannya. Ujian Nasional akan ditempuh oleh siswa yang duduk di kelas akhir pada satuan atau jenjang pendidikan. Berkaitan dengan itu, Ujian Nasional bagi siswa SMA juga merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusannya.
Kata Kunci: Ujian Nasional, Bahasa Indonesia, korelasi dan kemampuan siswa