Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Mulyanto, M.Hum
Tanggal Penelitian : 21-05-2009
Dipublikasikan : TERBIT
Abstrak :
Analisis ini merupakan deskripsi sederhana terhadap pengakuan guru-guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada sekolah menengah di Manado. Data diambil dengan kuesioner terhadap 26 sampel yang kemudian dianalisis secara kuantatif. Analisis terbatas pada gambaran frekuensi terhadap data nominal yang telah dicanangkan dalam kuesioner. Beberapa data sebagai dependen variable dikorelasikan terhadap data independen. Hasilnya berupa deskripsi yang menunjukan korespondensi linear yang membuktikan hipotesis bahwa terdapat hubungan positif antara kompetensi guru sastra terhadap minat sastra siswa.
Kompetensi guru yang paling dibuthkan dalam menumbuhkan minat siswa terhadap sastra dalam perasaan guru mengajar sastra semakin berminat pula siswa terhadap sastra. Korelasi antara indicator kompetensi guru yang berpengaruh terhadap minat bersastra siswa selanjutnya adalah pengalaman guru mengikuti sanggar, pengalaman guru mengajar, dan latar belakang pendidikan guru. Selain dari indicator itu, indicator lain mempunyai pengaruh secara tidak langsung atau pengaruhnya kecil terhadap minat bersastra siswa.