Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Yuyun Kartini
Tanggal Penelitian : 01-01-2013
Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan keterampilan membaca pada siswa kelas VIII SMP, khususnya mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian guru tersebut. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, simak dan catat, serta wawancara. Metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Dalam hal ini, peneliti memaparkan hasil wawancara dengan guru dan hasil pengamatan selama guru mengajar di dalam kelas. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa guru dalam perencaaan pembelajaran guru telah mempersiapkan perangkat atau media sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dalam pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan tiga metode pembelajaran yaitu: metode ceramah, diskusi, dan kerja sama, dalam penilaian hasil pembelajaran guru menggunakan ranah afektif dan kognitif, sedangkan ranah psikomotorik digunakan untuk penilaian yang mengutamakan kekuatan fisik, seperti olah raga