Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Dalwiningsih dan Khoiru Ummatin
Tanggal Penelitian : 01-01-2011
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran alternatif yang kreatif dan inovatif dalam pengajaran bahasa Jawa, terutama pada pembelajaran menulis karangan sederhana berbahasa Jawa pada siswa kelas V sekolah dasar.
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran menulis karangan sederhana berbahasa Jawa pada siswa kelas V sekolah dasar di SDN Penanggal 04, Lumajang adalah berhasil. Hal ini didasarkan fakta bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan bahasa Jawa. Indikator dari peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana bahasa Jawa (1) lebih banyaknya kosa kata bahasa Jawa Krama yang dimiliki siswa, (2) siswa mengetahui tingkatan bahsa Jawa Krama dengan tepat , dan (3) siswa dapat menerapkan kosakata bahasa Jawa Krama lebih tepat dalam karangan bahasa Jawa.
Siswa mengalami peningkatan hasil dalam menulis karangan narasi bahasa Jawa, meskipun peningkatan tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan. Simpulan dari praktik pembelajaran ini yaitu metode kartu bergambar memberi hasil yang positif.