Peneliti : Soedjiatno, dkk.
Tanggal Penelitian : 01-01-1985
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengungkap kemampuan menyimak murid-murid kelas III SMP Jawa Timur, yang selanjutnya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembinaan dan pengembangan, pengajaran menyimak di SMP khususnya, dan pengajaran bahasa Indonesia di SMP umumnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menyimak dan teori pengukuran kemampuan menyimak. Sumber data penelitian ini ada dua, yaitu data pokok ialah data yang berwujud jawaban tes murid-murid SMP dan data pelengkap ialah data yang berwujud jawaban kuesioner guru-guru bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan umum menyimak murid-murid kelas III SMP di Jawa Timur masih berkualifikasi kurang. Kemampuan menyimak murid-murid kelas III SMP di Jawa Timur ditinjau atas dasar kemampuan mengidentifikasi dan menyeleksi elemen kebahasaan masih berkualifikasai kurang dan ditinjau atas dasar kemampuan memahami isi pesan masih berkualifikasi kurang.
Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini, antara lain demi keberhasilan pengajaran menyimak di SMP, kiranya setiap SMP perlu memiliki kaset rekaman, baik yang berisi rekaman puisi, cerita-cerita prosa, pidato, dan sebagainya. Sesuai dengan hasil wawancara dengan guru-guru bahasa Indonesia SMP, pada umumnya guru-guru bahasa Indonesia SMP sampel menginginkan adanya penataran kemampuan berbahasa Indonesia umumnya dan kemampuan menyimak pada khususnya. Guru-guru juga memerlukan adanya penataran evaluasi.