Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Tri Winiasih
Tanggal Penelitian : 01-01-2002
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengungkap modus, jenis, dan fungsi tuturan dalam tindak tutur guru dan murid dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak (Raudhatul Athfal) “Tunas Islam” di Kabupaten Sidoarjo. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah guru dan murid Taman Kanak-Kanak (Raudhatul Athfal) “Tunas Islam” di Sidoarjo. Data penelitian ini berupa data lisan yang dijaring dengan metode simak melalui teknik dasar dan cakap. Analisis data menggunakan pendekatan kontekstual, khususnya dengan kajian pragmatik sebagai dasar ancangannya.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa modus tuturan yang paling dominan dalam tindak tutur guru dan murid Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal adalah modus berita. Jenis tuturan yang paling dominan adalah tuturan langsung literal. Tindak tutur guru dan murid Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal menunjukkan fungsi asertif, direktif, komisif, dan ekspresif.
Penelitian ini menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut tentang bahasa murid taman kanak-kanak dengan menggunakan analisis sintaksis, semantik, sosiolinguistik, dan lain-lain.