Peneliti : Desti Retnowati, dkk
Tanggal Penelitian : 01-01-2005
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan merumuskan kecenderungan dan perbedaan kecenderungan penggunaan bahasa Indonesia dalam judul artikel dan berita media massa cetak Jawa Timur serta mencari solusi perbedaan tersebut berdasarkan ragam baku dan ragam jurnalistik. Penelitian ini ingin mengukur tingkat kepahaman dan harapan masyarakat terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam judul artikel dan berita media massa Jawa Timur sehingga penelitian ini dapat merumuskan pedoman kebahasaan yang praktis bagi jurnalis. Penelitian ini menggunakan teori analisis kontrastif. Data penelitian diperoleh dari judul artikel dan berita dalam media massa cetak Jawa Timur yang berbentuk surat kabar, tabloid, dan majalah. Penelitian ini menggunakan metode cakap semuka, komparatif, padan, dan agih.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) judul artikel cenderung melesapkan konstituen fungsi yang kadang-kadang mengubah fungsi atau tataran tersebut, (2) sebagian fungsinya cenderung dilesapkan, (3) menggunakan kaidah ragam susastra, (4) penggunaan akronim dan singkatan dominan, (4) cenderung menggunakan istilah asing, (5) teknik penulisan istilah asing disamakan dengan istilah serapan dengan penyesuaian ejaan, (6) serapan dengan penerjemahan, (7) istilah bukan serapan, (8) pemisahan antarklausa atau fungsi sama dengan koma, (8) pedoman transliterasi dari bahasa Arab sama dengan pedoman transliterasi dari bahasa asing, (9) nilai nominal uang, jumlah, dan derajat cenderung dinyatakan dengan angka, (10) melesapkan afiks (pada umumnya dalam verba) yang kadang-kadang menggandakan kategori dan makna serta mengubah pola kalimat, (11) pada umumnya hanya berupa tuturan dari kalimat langsung untuk judul yang dipisahkan dari bumbu (daya tarik), dan (12) judul terletak pada bagian atas artikel.