• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Redudansi dalam Iklan Media Cetak

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Desti Retnowati

Tanggal Penelitian : 01-01-2005

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan memperjelas kajian tentang redudansi karena selama ini sering terjadi kekeliruan ketentuan yang digunakan dalam menetapkan suatu bentuk ujaran redundan atau tidak. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik dan semantik. Sumber data penelitian ini adalah iklan barang, jasa, atau gagasan yang ada di media massa cetak berbentuk majalah dalam masa edar tahun 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan 2000-an. Majalah tersebut adalah Femina  no.96 tahun 1976, Gadis no.17 Juli tahun 1988, Tempo no.41 Desember tahun 1990, dan Kartini no.2119 Agustus tahun 2004. Jumlah korpus data yang digunakan sebanyak 15 butir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode  padan (referential methods) dan agih (distributional methods) dengan teknik catat, pisah atau pilah, wawancara, banding unsur langsung, resap, ulang, perluas, sisip, balik, ubah wujud, dan ganti.

Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, relasi makna, kebahasaan redudansi, dan karakteristik bahasa iklan yang diuraikan terdiri atas sinonim kata, antonim dan oposisi, polisemi dan ambiguitas, hiponim, hiponim dan hipernim, homonim, dan redudansi. Kedua, teks iklan yang efektif efisien terdiri atas subbab-subbab, yaitu redudansi pada judul (headline) teks iklan, redudansi pada badan (body copy) teks iklan, dan  redudansi pada moto (slogan) teks iklan. Ketiga, karakteristik bahasa iklan ialah kurang sesuai dengan ragam baku dan kurang efisien serta efektif menurut tinjauan redudansi, kalimat efektif, dan bahasa Indonesia yang baik. Adapun kekurangefektivan dan kekurangefisienan menurut bidang periklanan didasarkan pada tinjauan cara persuasif, penghematan, dan bahasa Indonesia yang benar.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Gama Media
    Gama Media yang kelahirannya dibidani oleh Ny. Arnabun, S.E. didirikan pada akhir tahun 1990-an. Penerbit yang sekarang berlokasi di Jalan Lowanu 55, Yogyakarta ini sangat peduli menerbitkan ...
  • BAHASA INDONESIA DALAM INFORMASI DAN IKLAN DI RUANG PUBLIK KOTA PANGKALPINANG
    Peneliti : Drs. Umar Solikhan, M.Hum Tanggal Penelitian : Dipublikasikan : TERBIT Tahun Terbit : 2013 Abstrak :Pemakaian bahasa Indonesia, khususnya dalam informasi dan iklan, di tempat umum di ...
  • Diksi dalam Ragam Tulis Media Cetak Topik Ekonomi dan Keuangan Terbitan Daerah Sulawesi Tengah
    Peneliti : Deni Karsana Tanggal Penelitian : Abstrak :Ragam tulis merupakan suatu fenomena sosial  kemasyarakatan yang dapat menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus jadi sarana ...
  • Unsur Serapan Istilah Asing dalam Media Massa Cetak (Kompas dan Jawa Pos)
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2004 Abstrak :Penelitian ini bertujuan mengungkap penyerapan istilah asing yang ada di media massa cetak Kompas dan Jawa Pos bulan Mei—Juni ...
  • Karakteristik Bahasa Media Massa Cetak Remaja
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2005 Abstrak :Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik kosakata bahasa remaja dalam media massa cetak, (2) mendeskripsikan ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Redudansi dalam Iklan Media Cetak

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Desti Retnowati

    Tanggal Penelitian : 01-01-2005

    Abstrak :

    Penelitian ini bertujuan memperjelas kajian tentang redudansi karena selama ini sering terjadi kekeliruan ketentuan yang digunakan dalam menetapkan suatu bentuk ujaran redundan atau tidak. Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik dan semantik. Sumber data penelitian ini adalah iklan barang, jasa, atau gagasan yang ada di media massa cetak berbentuk majalah dalam masa edar tahun 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan 2000-an. Majalah tersebut adalah Femina  no.96 tahun 1976, Gadis no.17 Juli tahun 1988, Tempo no.41 Desember tahun 1990, dan Kartini no.2119 Agustus tahun 2004. Jumlah korpus data yang digunakan sebanyak 15 butir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode  padan (referential methods) dan agih (distributional methods) dengan teknik catat, pisah atau pilah, wawancara, banding unsur langsung, resap, ulang, perluas, sisip, balik, ubah wujud, dan ganti.

    Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, relasi makna, kebahasaan redudansi, dan karakteristik bahasa iklan yang diuraikan terdiri atas sinonim kata, antonim dan oposisi, polisemi dan ambiguitas, hiponim, hiponim dan hipernim, homonim, dan redudansi. Kedua, teks iklan yang efektif efisien terdiri atas subbab-subbab, yaitu redudansi pada judul (headline) teks iklan, redudansi pada badan (body copy) teks iklan, dan  redudansi pada moto (slogan) teks iklan. Ketiga, karakteristik bahasa iklan ialah kurang sesuai dengan ragam baku dan kurang efisien serta efektif menurut tinjauan redudansi, kalimat efektif, dan bahasa Indonesia yang baik. Adapun kekurangefektivan dan kekurangefisienan menurut bidang periklanan didasarkan pada tinjauan cara persuasif, penghematan, dan bahasa Indonesia yang benar.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Gama Media
    Gama Media yang kelahirannya dibidani oleh Ny. Arnabun, S.E. didirikan pada akhir tahun 1990-an. Penerbit yang sekarang berlokasi di Jalan Lowanu 55, Yogyakarta ini sangat peduli menerbitkan ...
  • BAHASA INDONESIA DALAM INFORMASI DAN IKLAN DI RUANG PUBLIK KOTA PANGKALPINANG
    Peneliti : Drs. Umar Solikhan, M.Hum Tanggal Penelitian : Dipublikasikan : TERBIT Tahun Terbit : 2013 Abstrak :Pemakaian bahasa Indonesia, khususnya dalam informasi dan iklan, di tempat umum di ...
  • Diksi dalam Ragam Tulis Media Cetak Topik Ekonomi dan Keuangan Terbitan Daerah Sulawesi Tengah
    Peneliti : Deni Karsana Tanggal Penelitian : Abstrak :Ragam tulis merupakan suatu fenomena sosial  kemasyarakatan yang dapat menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus jadi sarana ...
  • Unsur Serapan Istilah Asing dalam Media Massa Cetak (Kompas dan Jawa Pos)
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2004 Abstrak :Penelitian ini bertujuan mengungkap penyerapan istilah asing yang ada di media massa cetak Kompas dan Jawa Pos bulan Mei—Juni ...
  • Karakteristik Bahasa Media Massa Cetak Remaja
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2005 Abstrak :Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik kosakata bahasa remaja dalam media massa cetak, (2) mendeskripsikan ...
  • Gama Media
    Gama Media yang kelahirannya dibidani oleh Ny. Arnabun, S.E. didirikan pada akhir tahun 1990-an. Penerbit yang sekarang berlokasi di Jalan Lowanu 55, Yogyakarta ini sangat peduli menerbitkan ...
  • BAHASA INDONESIA DALAM INFORMASI DAN IKLAN DI RUANG PUBLIK KOTA PANGKALPINANG
    Peneliti : Drs. Umar Solikhan, M.Hum Tanggal Penelitian : Dipublikasikan : TERBIT Tahun Terbit : 2013 Abstrak :Pemakaian bahasa Indonesia, khususnya dalam informasi dan iklan, di tempat umum di ...
  • Diksi dalam Ragam Tulis Media Cetak Topik Ekonomi dan Keuangan Terbitan Daerah Sulawesi Tengah
    Peneliti : Deni Karsana Tanggal Penelitian : Abstrak :Ragam tulis merupakan suatu fenomena sosial  kemasyarakatan yang dapat menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus jadi sarana ...
  • Unsur Serapan Istilah Asing dalam Media Massa Cetak (Kompas dan Jawa Pos)
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2004 Abstrak :Penelitian ini bertujuan mengungkap penyerapan istilah asing yang ada di media massa cetak Kompas dan Jawa Pos bulan Mei—Juni ...
  • Karakteristik Bahasa Media Massa Cetak Remaja
    Peneliti : Dalwiningsih Tanggal Penelitian : 01-01-2005 Abstrak :Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakteristik kosakata bahasa remaja dalam media massa cetak, (2) mendeskripsikan ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa