Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Arief Izzak
Tanggal Penelitian : 01-01-2005
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan memaparkan fenomena kebahasaan melalui tahap perkembangan bahasa pada seorang anak balita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi langsung atau peninjauan langsung pada objek penelitian dan metode dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan studi lapangan. Pemerolehan data menggunakan sampel tunggal atau satu subjek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan pemerolehan bahasa anak sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial dan psikologis anak. Kondisi sosial yang mendukung adalah kondisi sosial orang-orang di sekitar anak, yaitu orang tua, anggota keluarga yang lain, dan tetangganya, apakah mereka aktif berkomunikasi atau sekadar memberikan respon dan rangsangan terhadap anak. Kondisi psikologis adalah kondisi anak mulai menirukan, menghafal, dan mengulang apa yang dilihatnya. Secara singkat, perkembangan pemerolehan bahasa pada anak dibagi menjadi dua tahap, yaitu (1) tahap perkembangan artikulasi dan (2) tahap perkembangan kata serta kalimat