• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 
Kredo Puisi   (1973)
Kategori: Gejala Sastra

 

Kredo puisi merupakan ungkapan persaksian yang mengandung wawasan estetik puisi-puisi karya Sutardji Calzoum Bachri. Kredo puisi ini mula-mula dimuat dalam majalah Horison No.12 Th.IX, Desember 1974, halaman 361 dan kemudian dimuat sebagai pengantar kumpulan O (dalam O Amuk Kapak, 1981) yang lengkapnya berbunyi seperti dikutip sebagai berikut.

"Kata-kata bukanlah alat mengantarkan pengertian. Dia bukanlah seperti pipa yang menyalurkan air. Kata-kata adalah pengertian itu sendiri. Dia bebas.

Kalau diumpamakan dengan kursi, kata adalah kursi itu sendiri dan bukan alat untuk duduk. Kalau diumpamakan dengan pisau, dia adalah pisau itu sendiri dan bukan alat untuk memotong atau menikam.

Dalam kesehari-harian kata cenderung dipergunakan sebagai alat untuk menyampaikan pengertian. Dianggap sebagai pesuruh untuk menyampaikan pengertian. Dan dilupakan kedudukannya yang merdeka sebagai pengertian.

Kata-kata haruslah bebas dari penjajahan pengertian, dari beban idea. Kata-kata harus bebas menentukan dirinya sendiri.

Dalam puisi saya, saya bebaskan kata-kata dari tradisi lapuk yang membelenggu mereka seperti Kamus dan penjajahan-penjajahan lain seperti moral kata yang dibebankan masyarakat pada kata-kata tertentu dengan dianggap kotor (obscene) serta penjajahan gramatika.

Bila kata-kata telah dibebaskan, kreativitas pun dimungkinkan. Karena kata-kata bisa menciptakan dirinya sendiri, bermain dengan dirinya sendiri, dan menentukan kemauannya sendiri. Pendadakan yang kreatif bisa timbul, karena kata yang biasanya dianggap berfungsi sebagai penyalur pengertian, tiba-tiba, karena kebebasannya bisa menyungsang terhadap fungsinya. Maka timbullah hal-hal yang tak terduga sebelumnya, yang kreatif.

Dalam (penciptaan) puisi saya, kata-kata saya biarkan bebas. Dalam gairahnya karena telah menemukan kebebasan, kata-kata meloncat-loncat dan menari-nari di atas kertas, mabuk dan menelanjangi dirinya sendiri, mundar mandir berkali-kali menunjukkan muka dan belakangnya dengan bebas, menyatukan dirinya sendiri dengan yang lain untuk memperkuat dirinya, membalik atau menyungsangkan sendiri dirinya dengan bebas, saling bertentangan sendiri satu sama lainnya karena mereka bebas berbuat semaunya atau bila perlu membunuh dirinya sendiri untuk menunjukkan dirinya bisa menolak dan berontak terhadap pengertian yang ingin dibebankan kepadanya.

Sebagai penyair saya hanya menjaga–sepanjang tidak mengganggu kebebasannya–agar kehadirannya yang bebas sebagai pembentuk pengertiannya sendiri, bisa mendapatkan aksentuasi yang maksimal.

Menulis puisi bagi saya adalah membebaskan kata-kata, yang berarti mengembalikan kata pada awal mulanya. Pada mulanya – adalah Kata. Dan Kata Pertama adalah Mentera. Maka menulis puisi bagi saya adalah mengembalikan kata kepada Mentera."

Sutardji Calzoum Bachri, Bandung, 30 Maret 1973.

Dengan kredo puisinya itu, pembaca mendapat alat penting dalam memahami sajak Sutardji Calzum Bachri dan sekaligus juga memahami sikap kepenyairannya. Dengan demikian, Kredo Puisi dapat dapat dipandang sebagai pertanggungjawaban Sutarji Calzum Bachri dalam memperlakukan bahasa untuk menciptakan puisi.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Pengadilan Puisi
    Pengadilan Puisi, tepatnya "Pengadilan Puisi Indonesia Mutakhir", merupakan nama sebuah acara yang diselenggarakan Yayasan Arena. Acara ini diadakan di Aula Universitas Parahyangan, Bandung, 8 ...
  • Puisi Gelap
    Puisi Gelap merupakan puisi yang banyak mengandung majas, kias, dan lambang yang bersifat pribadi sehingga sulit untuk dipahami maknanya. Bentuk puisi seperti itu sifatnya terlalu pribadi sehingga ...
  • Pencitraan dalam Puisi Muris SD yang Terbit di Majalah dinding Sanggar Sastra
    Peneliti : Diana Tanggal Penelitian : 05-06-2005 Abstrak :-
  • Pendekatan Stilistik dalam Puisi Jawa Modern Dialek Osing
    Peneliti : Setya Yuwana, dkk Tanggal Penelitian : 01-01-1995 Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara aspek bahasa dengan fungsi estetik dan perbedaan-perbedaan linguistik ...
  • Karakteristik Puisi-Puisi di Majalah Panjebar Semangat Tahun 1945—1980
    Peneliti : Andi Asmara Tanggal Penelitian : 01-01-2013 Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik-karakteristik struktur batin puisi-puisi di majalah Panjebar Semangat tahun ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     
    Kredo Puisi   (1973)
    Kategori: Gejala Sastra

     

    Kredo puisi merupakan ungkapan persaksian yang mengandung wawasan estetik puisi-puisi karya Sutardji Calzoum Bachri. Kredo puisi ini mula-mula dimuat dalam majalah Horison No.12 Th.IX, Desember 1974, halaman 361 dan kemudian dimuat sebagai pengantar kumpulan O (dalam O Amuk Kapak, 1981) yang lengkapnya berbunyi seperti dikutip sebagai berikut.

    "Kata-kata bukanlah alat mengantarkan pengertian. Dia bukanlah seperti pipa yang menyalurkan air. Kata-kata adalah pengertian itu sendiri. Dia bebas.

    Kalau diumpamakan dengan kursi, kata adalah kursi itu sendiri dan bukan alat untuk duduk. Kalau diumpamakan dengan pisau, dia adalah pisau itu sendiri dan bukan alat untuk memotong atau menikam.

    Dalam kesehari-harian kata cenderung dipergunakan sebagai alat untuk menyampaikan pengertian. Dianggap sebagai pesuruh untuk menyampaikan pengertian. Dan dilupakan kedudukannya yang merdeka sebagai pengertian.

    Kata-kata haruslah bebas dari penjajahan pengertian, dari beban idea. Kata-kata harus bebas menentukan dirinya sendiri.

    Dalam puisi saya, saya bebaskan kata-kata dari tradisi lapuk yang membelenggu mereka seperti Kamus dan penjajahan-penjajahan lain seperti moral kata yang dibebankan masyarakat pada kata-kata tertentu dengan dianggap kotor (obscene) serta penjajahan gramatika.

    Bila kata-kata telah dibebaskan, kreativitas pun dimungkinkan. Karena kata-kata bisa menciptakan dirinya sendiri, bermain dengan dirinya sendiri, dan menentukan kemauannya sendiri. Pendadakan yang kreatif bisa timbul, karena kata yang biasanya dianggap berfungsi sebagai penyalur pengertian, tiba-tiba, karena kebebasannya bisa menyungsang terhadap fungsinya. Maka timbullah hal-hal yang tak terduga sebelumnya, yang kreatif.

    Dalam (penciptaan) puisi saya, kata-kata saya biarkan bebas. Dalam gairahnya karena telah menemukan kebebasan, kata-kata meloncat-loncat dan menari-nari di atas kertas, mabuk dan menelanjangi dirinya sendiri, mundar mandir berkali-kali menunjukkan muka dan belakangnya dengan bebas, menyatukan dirinya sendiri dengan yang lain untuk memperkuat dirinya, membalik atau menyungsangkan sendiri dirinya dengan bebas, saling bertentangan sendiri satu sama lainnya karena mereka bebas berbuat semaunya atau bila perlu membunuh dirinya sendiri untuk menunjukkan dirinya bisa menolak dan berontak terhadap pengertian yang ingin dibebankan kepadanya.

    Sebagai penyair saya hanya menjaga–sepanjang tidak mengganggu kebebasannya–agar kehadirannya yang bebas sebagai pembentuk pengertiannya sendiri, bisa mendapatkan aksentuasi yang maksimal.

    Menulis puisi bagi saya adalah membebaskan kata-kata, yang berarti mengembalikan kata pada awal mulanya. Pada mulanya – adalah Kata. Dan Kata Pertama adalah Mentera. Maka menulis puisi bagi saya adalah mengembalikan kata kepada Mentera."

    Sutardji Calzoum Bachri, Bandung, 30 Maret 1973.

    Dengan kredo puisinya itu, pembaca mendapat alat penting dalam memahami sajak Sutardji Calzum Bachri dan sekaligus juga memahami sikap kepenyairannya. Dengan demikian, Kredo Puisi dapat dapat dipandang sebagai pertanggungjawaban Sutarji Calzum Bachri dalam memperlakukan bahasa untuk menciptakan puisi.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Pengadilan Puisi
    Pengadilan Puisi, tepatnya "Pengadilan Puisi Indonesia Mutakhir", merupakan nama sebuah acara yang diselenggarakan Yayasan Arena. Acara ini diadakan di Aula Universitas Parahyangan, Bandung, 8 ...
  • Puisi Gelap
    Puisi Gelap merupakan puisi yang banyak mengandung majas, kias, dan lambang yang bersifat pribadi sehingga sulit untuk dipahami maknanya. Bentuk puisi seperti itu sifatnya terlalu pribadi sehingga ...
  • Pencitraan dalam Puisi Muris SD yang Terbit di Majalah dinding Sanggar Sastra
    Peneliti : Diana Tanggal Penelitian : 05-06-2005 Abstrak :-
  • Pendekatan Stilistik dalam Puisi Jawa Modern Dialek Osing
    Peneliti : Setya Yuwana, dkk Tanggal Penelitian : 01-01-1995 Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara aspek bahasa dengan fungsi estetik dan perbedaan-perbedaan linguistik ...
  • Karakteristik Puisi-Puisi di Majalah Panjebar Semangat Tahun 1945—1980
    Peneliti : Andi Asmara Tanggal Penelitian : 01-01-2013 Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik-karakteristik struktur batin puisi-puisi di majalah Panjebar Semangat tahun ...
  • Pengadilan Puisi
    Pengadilan Puisi, tepatnya "Pengadilan Puisi Indonesia Mutakhir", merupakan nama sebuah acara yang diselenggarakan Yayasan Arena. Acara ini diadakan di Aula Universitas Parahyangan, Bandung, 8 ...
  • Puisi Gelap
    Puisi Gelap merupakan puisi yang banyak mengandung majas, kias, dan lambang yang bersifat pribadi sehingga sulit untuk dipahami maknanya. Bentuk puisi seperti itu sifatnya terlalu pribadi sehingga ...
  • Pencitraan dalam Puisi Muris SD yang Terbit di Majalah dinding Sanggar Sastra
    Peneliti : Diana Tanggal Penelitian : 05-06-2005 Abstrak :-
  • Pendekatan Stilistik dalam Puisi Jawa Modern Dialek Osing
    Peneliti : Setya Yuwana, dkk Tanggal Penelitian : 01-01-1995 Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara aspek bahasa dengan fungsi estetik dan perbedaan-perbedaan linguistik ...
  • Karakteristik Puisi-Puisi di Majalah Panjebar Semangat Tahun 1945—1980
    Peneliti : Andi Asmara Tanggal Penelitian : 01-01-2013 Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik-karakteristik struktur batin puisi-puisi di majalah Panjebar Semangat tahun ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa