Peneliti : Yani Paryono
Tanggal Penelitian : 01-01-2005
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengungkap kesalahan pemakaian bahasa Indonesia para guru pengajar nonbahasa di Jawa Timur, baik kesalahan ejaan, penyusunan paragraf, kohesi dan koherensi, maupun penyusunan kalimat. Sumber data penelitian ini adalah 25 artikel dalam majalah Media Pendidikan dan jurnal Gentengkali Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tahun 2003—2004, yang ditulis oleh para guru nonbahasa Indonesia di Jawa Timur. Data penelitian ini berupa data tulis, yaitu 175 kesalahan pemakaian bahasa Indonesia para guru pengajar nonbahasa Indonesia di Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori kesalahan berbahasa.
Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, analisis penyimpangan bahasa Indonesia para guru pengajar nonbahasa di Jawa Timur meliputi penyimpangan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf. Kedua, penyimpangan ejaan mencakup penulisan huruf kapital, penulisan huruf miring, penulisan kata serapan, bentuk dasar, dan penyimpangan kata turunan. Ketiga, penyimpangan pilihan kata mencakup pemakaian kata tidak tepat, pemakaian kata mubazir, frase, dan konjungsi. Keempat, penyimpangan kalimat mencakup penyimpangan subjek dan predikat.
Penelitian ini menyarankan untuk dilakukan penelitian lanjutan yang mengungkap penyimpangan-penyimpangan pemakaian bahasa Indonesia oleh pengajar nonbahasa Indonesia di Jawa Timur sehingga pembinaan bahasa Indonesia di kalangan guru akan mengenai sasaran. Selain itu, pemahaman terhadap pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar perlu ditanamkan secara benar kepada pemakai bahasa agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar pula.