Peneliti : Toni Samsul Hidayat, S.Pd. Safoan Abdul Hamid, S.Pd. Aditya Wardani, S.S. Asry Kurniawaty, S.S.
Tanggal Penelitian : 01-03-2017
Dipublikasikan : TIDAK SAAT INI
Abstrak :
Penelitian ini ditujukan untuk melihat dan mengukur tingkat pemahaman siswa tentang penggunaan dan pemakaian bahasa secara baik dan benar, serta apresiasi mereka terhadap sastra. Pemahaman dan apresiasi itu diukur dari kemampuan memahami unsur-unsur sastra dan kemampuan mereka menggambarkan atau menceritakan ulang karya sastra yang dibaca dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui test bacaan dan soal kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil test dikategorikan menurut ranah kesalahan, seperti kesalahan pada pemahaman unsur-unsur sastra, kesalahan pada pemakaian bahasa yang mencakup kesalahan dalam penulisan paragraf, kalimat, pilihan kata, dan sebagainya. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat apresiasi siswa terhadap sastra sudah cukup baik karena rerata siswa mendapatkan kategori paham dan sangat paham sedangkan dalam pemakaian bahasa, rerata siswa masih banyak melakukan kesalahan terutama dalam penulisan paragraf, pembentukan kata, struktur kalimat, dan keefektifan kalimat, serta pilihan kata.
Kata Kunci: Pemakaian, apresiasi, sastra, bahasa, unsur, instrinsik, ekstrinsik, kaidah