• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

KAJIAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI TENAGA KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Yenni Febtaria W., M.A. Siti Raudloh, M.Hum. I Nyoman Cahyasabudhi, S.Pd. Asry Kurniawaty, S.S.

Tanggal Penelitian : 01-03-2017

Dipublikasikan : TIDAK SAAT INI

Abstrak :

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, kajian terhadap kemahiran bahasa Indonesia bagi pendidik merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya kajian tentang hal tersebut, pemerintah dan seluruh guru bahasa Indonesia dapat menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemahiran dalam bahasa Indonesia jika dirasa kurang. tujuan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu, untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa indonesia pendidik di Kota Bima. Wujud data dari penelitian ini adalah hasil UKBI, UKG, dan hasil belajar siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan portofolio. Untuk hasil tes terkait dengan keterampilan menulis pada sesi ke-4 tes UKBi dan hasil siswa dianalisis dengan berpedoman pada skema penilaian keterampilan menulis. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil UKBI dan hasil karya siswa diperoleh bahwa kedua guru rata-rata kurang pada ketujuh aspek penilaian, khusunya pada pengembangan ide, pengorganisasian tulisan, kesinambungan antar kalimat dan paragraph, penggunaan koskata dan diksi, dan tata bahasa. Sedangkan untuk siswa melalui portofolio yang diberikan pada siswa diperoleh bahwa siswa SMPN 1 KOBI berada pada kategori tinggi, hal ini dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81,56, sedangkan pada siswa SMPN 5 KOBI kemampuan menulisnya berada pada kategori sedang. Untuk hipotesis awal jika dikaitkan antara kehiran menulis guru dapat dikatakan bahwa kemahiran guru tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata guru.

Kata kunci: kemahiran, profesionalisme, bahasa Indonesia, siswa, guru.

 

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Indonesia Tumpah Darahku
    Indonesia Tumpah Darahku merupakan kumpulan sajak kedua yang dikarang oleh Muhammad Yamin. Kumpulan sajak itu diterbitkan oleh Muhammad Yamin dua hari sebelum Sumpah Pemuda dengan titimangsa: ...
  • Serambi Indonesia
    Serambi Indonesia dirintis dan didirikan oleh M. Nourhalidyn dan H. Sjamsul Kahar. Terbit perdana pada 9 Februari 1989 dengan SIUPP No. 087/SK/Menpen/ SIUPP/A/7/1986. ISSN: 0852-6621, penerbit PT ...
  • Mimbar Indonesia
    Mimbar Indonesia merupakan majalah mingguan yang terbit setiap hari Sabtu. Terbit pertama kali 10 November 1947 dan terakhir tahun 1966. Diterbitkan oleh Yayasan Darma, Jalan Cikini No. 31, ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    KAJIAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI TENAGA KEBAHASAAN DAN KESASTRAAN

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Yenni Febtaria W., M.A. Siti Raudloh, M.Hum. I Nyoman Cahyasabudhi, S.Pd. Asry Kurniawaty, S.S.

    Tanggal Penelitian : 01-03-2017

    Dipublikasikan : TIDAK SAAT INI

    Abstrak :

    Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, kajian terhadap kemahiran bahasa Indonesia bagi pendidik merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya kajian tentang hal tersebut, pemerintah dan seluruh guru bahasa Indonesia dapat menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemahiran dalam bahasa Indonesia jika dirasa kurang. tujuan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu, untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa indonesia pendidik di Kota Bima. Wujud data dari penelitian ini adalah hasil UKBI, UKG, dan hasil belajar siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan portofolio. Untuk hasil tes terkait dengan keterampilan menulis pada sesi ke-4 tes UKBi dan hasil siswa dianalisis dengan berpedoman pada skema penilaian keterampilan menulis. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil UKBI dan hasil karya siswa diperoleh bahwa kedua guru rata-rata kurang pada ketujuh aspek penilaian, khusunya pada pengembangan ide, pengorganisasian tulisan, kesinambungan antar kalimat dan paragraph, penggunaan koskata dan diksi, dan tata bahasa. Sedangkan untuk siswa melalui portofolio yang diberikan pada siswa diperoleh bahwa siswa SMPN 1 KOBI berada pada kategori tinggi, hal ini dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81,56, sedangkan pada siswa SMPN 5 KOBI kemampuan menulisnya berada pada kategori sedang. Untuk hipotesis awal jika dikaitkan antara kehiran menulis guru dapat dikatakan bahwa kemahiran guru tidak berpengaruh sepenuhnya terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata guru.

    Kata kunci: kemahiran, profesionalisme, bahasa Indonesia, siswa, guru.

     

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Indonesia Tumpah Darahku
    Indonesia Tumpah Darahku merupakan kumpulan sajak kedua yang dikarang oleh Muhammad Yamin. Kumpulan sajak itu diterbitkan oleh Muhammad Yamin dua hari sebelum Sumpah Pemuda dengan titimangsa: ...
  • Serambi Indonesia
    Serambi Indonesia dirintis dan didirikan oleh M. Nourhalidyn dan H. Sjamsul Kahar. Terbit perdana pada 9 Februari 1989 dengan SIUPP No. 087/SK/Menpen/ SIUPP/A/7/1986. ISSN: 0852-6621, penerbit PT ...
  • Mimbar Indonesia
    Mimbar Indonesia merupakan majalah mingguan yang terbit setiap hari Sabtu. Terbit pertama kali 10 November 1947 dan terakhir tahun 1966. Diterbitkan oleh Yayasan Darma, Jalan Cikini No. 31, ...
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Indonesia Tumpah Darahku
    Indonesia Tumpah Darahku merupakan kumpulan sajak kedua yang dikarang oleh Muhammad Yamin. Kumpulan sajak itu diterbitkan oleh Muhammad Yamin dua hari sebelum Sumpah Pemuda dengan titimangsa: ...
  • Serambi Indonesia
    Serambi Indonesia dirintis dan didirikan oleh M. Nourhalidyn dan H. Sjamsul Kahar. Terbit perdana pada 9 Februari 1989 dengan SIUPP No. 087/SK/Menpen/ SIUPP/A/7/1986. ISSN: 0852-6621, penerbit PT ...
  • Mimbar Indonesia
    Mimbar Indonesia merupakan majalah mingguan yang terbit setiap hari Sabtu. Terbit pertama kali 10 November 1947 dan terakhir tahun 1966. Diterbitkan oleh Yayasan Darma, Jalan Cikini No. 31, ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa