Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : Yenni Febtaria W. Siti Raudloh Toni Samsul Hidayat Asry Kurniawaty
Tanggal Penelitian : 19-03-2018
Dipublikasikan : TIDAK SAAT INI
Abstrak :
Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Untuk itu, pentingnya mengetahui kemahiran guru dalam bidang mata pelajaran yang menjadi bahan aja. Dalam penelitian ini yang hendak diteliti adalah terkait dengan kemahiran bahasa Indonesia sebagai pendidik. Karena secara langsung kemahiran guru dalam suatu bidang ajarnya akan berpengaruh terhadap prestasi dan kemampuan siswa juga. Untuk mencapai tujuan itu, data diperoleh dengan menggunakan teknik portofolio. Berdasarkan analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkan diperoleh gambaran bahwa guru dengan kategori sangat baik berjumlah 20 orang (47,6%), sedangkan guru dengan kategori baik berjumlah 22 orang (52,4%). Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa guru dengan dengan kategori baik berjumlah lebih banyak daripada guru dengan kategori sangat baik, namun kondisi ini masih menggambarkan bahwa tingkat kemampuan atau keterampilan guru bahasa Indonesia di Kabupaten Lombok Utara masih tergolong baik.
Kata kunci: kemahiran, menulis, bahasa Indonesia, portofolio, dan guru