Peneliti : M. Luthfi Baihaqi
Tanggal Penelitian : 01-01-2003
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengungkap pola-pola bunyi yang muncul dalam pengujaran dan penyimpangan-penyimpangan fonologi anak retardasi mental dalam berbahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori fonologi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah semua murid dari SLB/C Alpa Kumara Wardhana I. Data penelitian ini adalah data lisan berupa ujaran yang diucapkan oleh anak retardasi mental. Metode pengumpulan datanya adalah metode cakap.
Hasil penelitian ini adalah (1) gambaran umum SLB/C Alpa Kumara Wardhana I Surabaya, (2) gambaran umum klien, (3) uraian pola-pola dan penyimpangan bunyi klien yang meliputi kondisi umum, kondisi khusus berupa hasil repetisi (vokal, konsonan, penghilangan, pengubahan), analisis fonologi, (4) uraian hasil analisis penyimpangan fonologi dan upaya pemulihan, (5) kemampuan artikulator pada anak retardasi mental buruk dan bentuk-bentuk penyimpangan fonologi membuat mereka kesulitan menghasilkan fonem-fonem yang wajar dalam pengucapan orang normal, (6) penyimpangan dalam pengujaran terjadi secara teratur pada tiap klien, (7) penyimpangan fonologi pada tiap klien tidak sama, dan (8) pemulihan fonologi anak retardasi mental diperlukan suatu pelatihan.
Penelitian ini menyarankan hal-hal berikut. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah informasi yang lebih merata. Kedua, perlu dilakukan penelitian untuk membandingkan kemampuan fonologi anak retardasi mental dengan anak normal. Ketiga, perlu dilakukan penelitian mengenai perkembangan bahasa pada penyandang retardasi mental yang bersekolah dan tidak. Keempat, dalam upaya pemulihan ujaran, perlu dukungan dari lingkungan.