Halaman Beranda
Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan
Ahli Bahasa
Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Bahasa Daerah Di Indonesia
Duta Bahasa
KBBI
Penelitian Bahasa
Registrasi Bahasa
UKBI
Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah
Indeks Kemahiran Berbahasa
Revitalisasi Bahasa Daerah
Gejala Sastra
Hadiah/Sayembara Sastra
Karya Sastra
Lembaga Sastra
Media Penyebar/Penerbit Sastra
Pengarang Sastra
Penelitian Sastra
Registrasi Sastra Cetak
Registrasi Sastra Lisan
Registrasi Manuskrip
Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan
Statistik
Info
Peneliti : M. Oktavia Vidiyanti
Tanggal Penelitian : 01-01-2013
Abstrak :Buku ajar merupakan salah satu komponen penting dalam suatu sistem pembelajaran. Tanpa buku ajar guru akan kesulitan dalam mencari dan mempelajari materi yang akan disampaikan kepada siswanya. Oleh karena itu keberadaan buku ajar yang baik yang dapat mendidik siswa, bukan hanya pada aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik sangat diperlukan. Dalam buku ajar bahasa Indonesia khususnya di kelas 1-6 masih banyak dijumpai gambar, deskripsi, kalimat, dan pemulihan warna gambar yang masih bias gender, padahal jika dibiarkan berlarur-larut tanpa pelurusan segera akan berakibat pada pembentukan pola pikir yang salah yang akhirnya termanifestikan dalam bentuk nilai-nilai dan sikap (afektif) yang “keliru” dan sulit diluruskan. Maka dengan penelitian ini perlu dibuktikan dengan mengidentifikasikan bias gender pada buku ajar bahasa Indonesia SD perlu segera dilakukan, sehingga secepatnya isi buku ajar dapat menunjukkan keadilan dan kesetaraan gender, dan akhirnya siswa-siswa SD segera mengubah struktur kognitif yang salah yang telah tertanam sebelumnya