• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Kemampuan Berbahasa Indonesia (Menulis) Murid Kelas III SMA Jurusan IPS Jawa Timur (Suatu Perbandingan)

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Abdul Syukur Ibrahim, dkk.

Tanggal Penelitian : 01-01-1984

Abstrak :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkap persamaan dan perbedaan kemampuan berbahasa Indonesia (menulis) murid kelas III SMA jurusan IPA dan IPS Jawa Timur yang meliputi (1) penerapan Ejaan Yang Disempurnakan, (2) pemahaman kata, (3) pembentukan kalimat, (4) penataan kalimat dalam paragraf, (5) penataan paragraf dalam wacana, (6) pemilihan judul/tema, (7) penataan pokok bahasan, (8) penyusunan kerangka karangan, dan (9) pengungkapan maksud. Sumber data penelitian ini adalah murid kelas III SMA Negeri jurusan IPA dan IPS Jawa Timur. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) data utama yang meliputi data aspek kemampuan bahasa dalam menulis dan data aspek kemampuan pengungkapan isi dan (2) data tambahan yang berupa data minat para murid SMA keals III jurusan IPA serta IPS dalam menulis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan komperatif.

            Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Dalam menerapkan EYD tidak ada perbedaan kemampuan, yaitu keduanya tergolong mampu dengan 72,0% yang mendapat nilai minimal C (cukup). (2) Pemakaian kata ada perbedaan kemampuan 2,6%, yaitu murid IPA 82,7%, sedangkan IPS 85,5% walaupun keduanya tergolong mampu. (3) Penataan kalimat ada perbedaan kemampuan 2,7%, yaitu murid IPA 72,0% yang mendapat nilai minimal C, sedangkan IPS  74,7% walaupun keduanya tergolong mampu. (4) Pemakaian kalimat dalam paragraf ada perbedaan kemampuan 6,6%, yaitu murid IPA 77,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS terdapat 70,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (5) Penataan paragraf dalam wacana ada perbedaan kemampuan 8,0%, yaitu murid IPA 77,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS  69,3% walaupun keduanya tergolong mampu. (6) Pemilihan judul atau tema ada perbedaan kemampuan 1,4%, yaitu murid IPA 65,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 66,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (7) Pemilihan pokok bahasan ada perbedaan kemampuan 6,7%, yaitu murid IPA  72,0% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 78,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (8) Penyusunan kerangka karangan ada perbedaan 2,6%, yaitu murid IPA 66,7%yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS  69,3%, walaupun keduanya tergolong mampu. (9) Pengungkapan maksud ada perbedaan kemampuan 9,3%, yaitu murid IPA 68,9% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 77,3% walaupun keduanya tergolong mampu.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Anjar Asmara
    Anjar Asmara adalah sastrawan serba bisa yang lahir tanggal 26 Februari 1902 di Alahan Panjang, Sawah Lunto, Sumatra Barat, dan meninggal di Bandung tanggal 20 Oktober 1961. Keserbabisaan ...
  • Asmara Hadi
    Asmara Hadi merupakan penyair tahun 1930-an yang sangat gigih semangat kebangsaannya. Dia lahir di Talo, Bengkulu, tanggal 8 September 1915. Asmara Hadi berasal dari keluarga yang terpelajar. ...
  • Jawa
    Provinsi Aceh Bahasa Jawa yang berada di wilayah Provinsi Aceh dituturkan di Desa Sidorejo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil; Desa Buket Pidie, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Kemampuan Berbahasa Indonesia (Menulis) Murid Kelas III SMA Jurusan IPS Jawa Timur (Suatu Perbandingan)

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Abdul Syukur Ibrahim, dkk.

    Tanggal Penelitian : 01-01-1984

    Abstrak :

    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengungkap persamaan dan perbedaan kemampuan berbahasa Indonesia (menulis) murid kelas III SMA jurusan IPA dan IPS Jawa Timur yang meliputi (1) penerapan Ejaan Yang Disempurnakan, (2) pemahaman kata, (3) pembentukan kalimat, (4) penataan kalimat dalam paragraf, (5) penataan paragraf dalam wacana, (6) pemilihan judul/tema, (7) penataan pokok bahasan, (8) penyusunan kerangka karangan, dan (9) pengungkapan maksud. Sumber data penelitian ini adalah murid kelas III SMA Negeri jurusan IPA dan IPS Jawa Timur. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) data utama yang meliputi data aspek kemampuan bahasa dalam menulis dan data aspek kemampuan pengungkapan isi dan (2) data tambahan yang berupa data minat para murid SMA keals III jurusan IPA serta IPS dalam menulis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan komperatif.

                Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Dalam menerapkan EYD tidak ada perbedaan kemampuan, yaitu keduanya tergolong mampu dengan 72,0% yang mendapat nilai minimal C (cukup). (2) Pemakaian kata ada perbedaan kemampuan 2,6%, yaitu murid IPA 82,7%, sedangkan IPS 85,5% walaupun keduanya tergolong mampu. (3) Penataan kalimat ada perbedaan kemampuan 2,7%, yaitu murid IPA 72,0% yang mendapat nilai minimal C, sedangkan IPS  74,7% walaupun keduanya tergolong mampu. (4) Pemakaian kalimat dalam paragraf ada perbedaan kemampuan 6,6%, yaitu murid IPA 77,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS terdapat 70,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (5) Penataan paragraf dalam wacana ada perbedaan kemampuan 8,0%, yaitu murid IPA 77,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS  69,3% walaupun keduanya tergolong mampu. (6) Pemilihan judul atau tema ada perbedaan kemampuan 1,4%, yaitu murid IPA 65,3% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 66,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (7) Pemilihan pokok bahasan ada perbedaan kemampuan 6,7%, yaitu murid IPA  72,0% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 78,7%, walaupun keduanya tergolong mampu. (8) Penyusunan kerangka karangan ada perbedaan 2,6%, yaitu murid IPA 66,7%yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS  69,3%, walaupun keduanya tergolong mampu. (9) Pengungkapan maksud ada perbedaan kemampuan 9,3%, yaitu murid IPA 68,9% yang mendapatkan nilai minimal C, sedangkan IPS 77,3% walaupun keduanya tergolong mampu.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Anjar Asmara
    Anjar Asmara adalah sastrawan serba bisa yang lahir tanggal 26 Februari 1902 di Alahan Panjang, Sawah Lunto, Sumatra Barat, dan meninggal di Bandung tanggal 20 Oktober 1961. Keserbabisaan ...
  • Asmara Hadi
    Asmara Hadi merupakan penyair tahun 1930-an yang sangat gigih semangat kebangsaannya. Dia lahir di Talo, Bengkulu, tanggal 8 September 1915. Asmara Hadi berasal dari keluarga yang terpelajar. ...
  • Jawa
    Provinsi Aceh Bahasa Jawa yang berada di wilayah Provinsi Aceh dituturkan di Desa Sidorejo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil; Desa Buket Pidie, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh ...
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Anjar Asmara
    Anjar Asmara adalah sastrawan serba bisa yang lahir tanggal 26 Februari 1902 di Alahan Panjang, Sawah Lunto, Sumatra Barat, dan meninggal di Bandung tanggal 20 Oktober 1961. Keserbabisaan ...
  • Asmara Hadi
    Asmara Hadi merupakan penyair tahun 1930-an yang sangat gigih semangat kebangsaannya. Dia lahir di Talo, Bengkulu, tanggal 8 September 1915. Asmara Hadi berasal dari keluarga yang terpelajar. ...
  • Jawa
    Provinsi Aceh Bahasa Jawa yang berada di wilayah Provinsi Aceh dituturkan di Desa Sidorejo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil; Desa Buket Pidie, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa