Peneliti : Ni Wayan Sartini, dkk.
Tanggal Penelitian : 01-01-2003
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pemakaian bahasa Indonesia pada papan reklame dan papan nama di wilayah metropolis, yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Sumber data penelitian ini adalah seluruh papan nama dan reklame yang ada di wilayah metropolis. Data penelitian ini berupa data tulis tentang ejaan, penulisan kata, tata cara penyerapan istilah asing, dan kaidah pembentukan istilah. Metode yang digunakan adalah metode agih atau distribusional, yaitu metode linguistik yang membahas data dengan bahasa itu sendiri sebagai alatnya.
Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, adanya penggunaan bahasa asing secara utuh, penggunaan bahasa campuran, penggunaan bahasa Indonesia dengan struktur asing, penggunaan bahasa Indonesia dengan penyesuaian bunyi, penggunaan bahasa Indonesia dengan terjemahan unsur asing, penggunaan bahasa yang telah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, penggunaan bahasa Indonesia yang diikuti istilah asingnya, dan penggunaan bahasa daerah atau bahasa Jawa pada papan reklame dan papan nama di wilayah metropolis. Kedua, penggunaan bahasa pada papan nama dan reklame banyak dipengaruhi oleh bahasa asing, campuran, dan bahasa daerah. Ketiga, terdapat kesalahan dalam pengindonesiaan istilah asing pada struktur frase, ketidakkonsistenan dalam penggunaan bahasa, percampuran diksi, dan penulisan ejaan yang kurang tepat.
Penelitian ini menyarankan adanya sosialisasi pemakaian bahasa pada papan nama dan reklame terhadap masyarakat agar masyarakat yang berkecimpung dalam dunia periklanan mengetahui kaidah yang seharusnya dipenuhi dalam membuat papan nama atau reklame.