Peneliti : Siti Komariyah
Tanggal Penelitian : 01-01-2003
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pengajaran dan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo dengan mendeskripsikan wawasan kepala sekolah dan guru tentang pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dan mendeskripsikan sarana belajar mengajar bahasa Indonesia serta pencapaian hasilnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes.
Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, ada tiga sekolah dasar yang memunyai nilai baik (77% - 79%), yaitu sekolah dasar dengan kode 01, 02, dan 03. Kedua, sekolah dasar dengan kode 03 dan 04 memeroleh nilai cukup. Ketiga, nilai akhir rata-rata sekolah dasar adalah 7,4%. Keempat, pengajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Sidoarjo tergolong baik.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas satu SD bergantung pada beberapa faktor, antara lain siswa, guru, bahan pengajaran, dan tujuan pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk menambah jumlah buku paket, menyediakan media secukupnya sesuai dengan kemampuan sekolah, dan meningkatkan mutu perpustakaan.