• Halaman Beranda

  • Data Referensi Kebahasaan dan Kesastraan

  • Ahli Bahasa

    Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

    Bahasa Daerah Di Indonesia

    Duta Bahasa

    KBBI

    Penelitian Bahasa

    Registrasi Bahasa

    UKBI

    Indeks Pemanfaatan Bahasa Daerah

    Indeks Kemahiran Berbahasa

    Revitalisasi Bahasa Daerah

  • Gejala Sastra

    Hadiah/Sayembara Sastra

    Karya Sastra

    Lembaga Sastra

    Media Penyebar/Penerbit Sastra

    Pengarang Sastra

    Penelitian Sastra

    Registrasi Sastra Cetak

    Registrasi Sastra Lisan

    Registrasi Manuskrip

  • Pencarian lanjut berdasarkan kategori kebahasaan dan kesastraan

  • Statistik

  • Info

 
 

Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo

Kategori: Penelitian Bahasa

 

Peneliti : Siti Komariyah

Tanggal Penelitian : 01-01-2003

Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pengajaran dan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo dengan mendeskripsikan wawasan kepala sekolah dan guru tentang  pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dan mendeskripsikan sarana belajar mengajar bahasa Indonesia serta pencapaian hasilnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes.

            Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, ada tiga sekolah dasar yang memunyai nilai baik (77% - 79%), yaitu sekolah dasar dengan kode 01, 02, dan 03. Kedua, sekolah dasar dengan kode 03 dan 04 memeroleh nilai cukup. Ketiga, nilai akhir rata-rata sekolah dasar adalah 7,4%. Keempat, pengajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Sidoarjo tergolong baik.

            Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas satu SD bergantung pada beberapa faktor, antara lain siswa, guru, bahan pengajaran, dan tujuan pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk menambah jumlah buku paket, menyediakan media secukupnya sesuai dengan kemampuan sekolah, dan meningkatkan mutu  perpustakaan.

 
PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Sumur Tanpa Dasar
    Sumur Tanpa Dasar merupakan drama karya Arifin C. Noer yang diterbitkan oleh Pustaka Utama Grafiti pada tahun 1989 dengan ketebalan 168 halaman. Drama ini menceritakan tokoh utama bernama ...
  •  
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
     

    Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo

    Kategori: Penelitian Bahasa

     

    Peneliti : Siti Komariyah

    Tanggal Penelitian : 01-01-2003

    Abstrak :

    Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pengajaran dan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dasar di Kabupaten Sidoarjo dengan mendeskripsikan wawasan kepala sekolah dan guru tentang  pelaksanaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dan mendeskripsikan sarana belajar mengajar bahasa Indonesia serta pencapaian hasilnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan tes.

                Penelitian ini menghasilkan hal-hal berikut. Pertama, ada tiga sekolah dasar yang memunyai nilai baik (77% - 79%), yaitu sekolah dasar dengan kode 01, 02, dan 03. Kedua, sekolah dasar dengan kode 03 dan 04 memeroleh nilai cukup. Ketiga, nilai akhir rata-rata sekolah dasar adalah 7,4%. Keempat, pengajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Sidoarjo tergolong baik.

                Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa Indonesia di kelas satu SD bergantung pada beberapa faktor, antara lain siswa, guru, bahan pengajaran, dan tujuan pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk menambah jumlah buku paket, menyediakan media secukupnya sesuai dengan kemampuan sekolah, dan meningkatkan mutu  perpustakaan.

     
    PENCARIAN TERKAIT

  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Sumur Tanpa Dasar
    Sumur Tanpa Dasar merupakan drama karya Arifin C. Noer yang diterbitkan oleh Pustaka Utama Grafiti pada tahun 1989 dengan ketebalan 168 halaman. Drama ini menceritakan tokoh utama bernama ...
  • Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
    Tayangan Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah
  • Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia
    Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi cetaknya yang sudah terlebih dahulu diterbitkan pada tahun 2013.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia 5
    Layanan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring
  • Bahasa Adang
    Provinsi: Provinsi Nusa Tenggara Timur Kabupaten/Kota: Kabupaten.Alor Kecamatan: Katiku Tana Desa: Lenang Kategori: Mengalami Kemunduran Status: belum terkonservasi
  • Sumur Tanpa Dasar
    Sumur Tanpa Dasar merupakan drama karya Arifin C. Noer yang diterbitkan oleh Pustaka Utama Grafiti pada tahun 1989 dengan ketebalan 168 halaman. Drama ini menceritakan tokoh utama bernama ...
  •  
     
     
    © 2024    Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa